Selasa, 17 Maret 2020

7 Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Awet



AC mobil termasuk salah satu komponen penting yang ada di mobil. Kamu tidak boleh sepele pada bagian ini karena fungsinya sangat banyak. Salah satunya tentu untuk membuat ruangan di dalam mobil tetap sejuk agar penumpang dan pengemudi lebih nyaman. AC mobil tidak dingin bisa jadi masalah yang serius, apalagi jika sedang melakukan perjalanan.
Untuk itu, anda membutuhkan yang namanya tips merawat AC mobil agar tetap dingin dan awet tentunya.

1. Selalu Jaga Kebersihan Kabin
Kamu sebaiknya selalu rutin membersihkan bagian kabin agar debu atau sisa kotoran lainnya tidak menumpuk di AC. Jika terlalu banyak kotoran bisa membuat AC mobil tidak dingin lagi, tentu kenyamanan kamu dan keluarga jadi terganggu.

2. Jangan Merokok Saat AC Sedang Menyala
Cukup berbahaya jika seseorang merokok dalam mobil yang AC-nya sedang hidup. Asap mobil bisa saja terhisap dalam blower yang kemudian akan menempel pada evaporator dan membuatnya jadi kotor. Kotoran yang mengendap di bagian ini jika terus dibiarkan bisa membuat evaporator jadi rusak.

3. Tetap Nyalakan AC Sesekali
Jika kamu tidak sedang melakukan perjalanan lebih dari seminggu, tetap rutin nyalakan AC minimal seminggu sekali. Tujuannya adalah agar bisa mengatur tekanan udara sehingga kompresor bisa tetap bekerja dengan baik. Lakukan dengan menyalakan AC di suhu paling tinggi lalu pindahkan ke susu sejuk.

4. Service AC Secara Berkala
Untuk membuat AC tetap awet bisa dengan melakukan servis AC secara berkala agar kondisi AC bisa langsung di cek oleh ahlinya.   Lakukan service AC mobil paling tidak  6 bulan sekali untuk melakukan penggantian filter kabin. Lakukan service secara berkala minimal 1 tahun sekali yang meliputi servis ringan seperti service kondensor, penggantian filter dryer, dan juga blower.
Lakukan service AC mobil minimal 2 tahun sekali yang merupakan servis berat dan lebih lengkap seperti service blower, evaporator, kondensor, ganti filter kabin, ganti dryer, dan lainnya.

5. Pilih Tempat Parkir Yang Lebih Sejuk
Usahakan untuk selalu mencari tempat parkir yang lebih sejuk atau terhindar dari matahari secara langsung. Hal ini agar kabin mobil tetap terjaga sehingga tidak terlalu panas. Jika dalam keadaan panas, AC jadi berat saat dinyalakan. Hal ini membuat AC tidak dingin saat awal dinyalakan.

6. Selau Gunakan Filter Kabin
Jika kabin kotor maka otomatis AC jadi kotor juga. Maka dari itu, selain menjaga kabin agar tetap bersih, kamu juga harus memasang filter kabin. Alasannya adalah karena filter kabin bisa menyaring debu atau kotoran supaya tidak masuk ke evaporator.

7. Hindari Meletakkan Pengharum Mobil Dekat AC
Jika kamu sering meletakkan pengharum di dekat AC mobil, sebaiknya mulai sekarang jangan lakukan lagi hal tersebut. Meski tujuannya adalah agar ruangan mobil jadi lebih cepat harus namun hal ini ternyata tidak tepat. Justru penggunaan pengharum bisa membuat evaporator jadi kemasukan bahan kimia. Kandungan dari pengharum biasanya mengandung minyak yang bisa menjadi sarang tinggal bakteri maupun jamur. Kandung alc yang terlalu tinggi pada pengharum bisa membuat bau asam pada AC sehingga cukup mengganggu indra penciuman.


Demikian beberapa tips agar AC mobil tetap dingin dan awet serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Segera bawa ke service AC mobil jika kamu merasa ada masalah serius pada AC di dalam mobil. Jangan sepele pada bagian pendingin ini karen perannya cukup penting bagi kamu, keluarga, dan mobil itu sendiri.


EmoticonEmoticon