Kamis, 21 Mei 2020

Tips Belajar Untuk Mahasiswa Baru Agar Bisa Dapat Nilai Bagus

Masa masa perkuliahan biasanya sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa yang baru lulus SMA atau SMK. Seakan waktu pendaftaran kuliah cepatlah berlalu digantikan dengan masuk kuliah hari pertama.

Banyak yang menganggap masa kuliah itu adalah masa keemasan. Padahal tentang dunia perkuliahan cukup berbeda dengan masa sekolah menengah karena banyak tantangan yang ada di sana. 

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para mahasiswa baru adalah bagaimana cara mendapatkan nilai yang bagus agar IPK-nya nanti juga bagus. Cara mendapat nilai yang bagus tentu kamu harus belajar, tapi metode belajar yang bagaimana yang bisa membuat kehamilan bisa jadi bagus? Simak berikut ini.

1. Belajar Cerdas

Hal yang kamu butuhkan untuk meraih prestasi di bangku perkuliahan adalah memiliki nilai yang melebihi rata-rata. Kamu harus tahu metode belajar cerdas. Yaitu dengan selalu duduk di barisan paling depan untuk bisa menerima proses belajar mengajar yang berlangsung setiap hari. 

Posisi duduk di paling depan membuat kamu lebih fokus saat mendengarkan dosen dan juga dosen bisa mengenal kamu sebagai mahasiswa yang rajin. Banyak yang menganggap remeh perihal proses belajar mengajar di kelas. Padahal materi pelajaran adalah bekal untuk kamu nantinya ujian.

2. Manfaatkan Jam Kosong

Di dunia pergilah kuliahan pasti kamu mengenal adanya jam-jam kosong. di jam kosong ini kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar di perpustakaan atau berdiskusi dengan teman. Kamu bisa membahas topik-topik yang ringan saja hingga topik yang berat. dengan memanfaatkan jam kosong maka otak kamu bisa dipenuhi dengan ilmu-ilmu baru pula.

3. Lakukan Riview Mata Kuliah

Di dunia perkuliahan kamu di paksa untuk lebih aktif. karena biasanya dosen mengajar juga lebih cepat dibanding ketika dulu di bangku sekolah SMA. Kamu sebaiknya mempersiapkan materi sebelum masuk kelas. materi ini bisa kamu dapatkan dari dosen yang biasanya memberikan rencana materi di kuliah awal. Materi-materi tersebut bisa kamu dapatkan dari internet ataupun buku-buku. Selain itu aku kan juga review mata kuliah setelah kelas berakhir. Terbiasa melakukan review membuat kamu jadi paham dengan materi mata kuliah.

4. Cari Mentor

Jika kamu ingin jadi mahasiswa yang berprestasi dan memiliki nilai tinggi maka kamu harus mempunyai seorang panutan yang bisa dimintai saran setiap saat. Panutan ini bisa kamu temukan di beasiswa mahasiswa berprestasi ataupun para senior. Cara mudah mendapatkan panutan atau mental adalah bersosialisasi dengan siapa saja sehingga kamu bisa menemukan mentor yang tepat untuk diri sendiri.

5. Jurus Open Minded

Meski kamu adalah seorang mahasiswa baru, bukan jadi halangan untuk dapat nilai bagus hingga jadi salah satu mahasiswa berprestasi. Caranya yaitu dengan memiliki pikiran terbuka untuk bisa berdiskusi dan bergaul dengan siapa saja. Baik dengan sesama teman seangkatan, senior, hingga para dosen. Berdiskusi juga bisa membuat pikiran lebih terbuka. Sehingga nanti saat dikelas kamu justru lebih bisa menyerap materi yang dijelaskan oleh dosen.

Demikian beberapa tips belajar untuk mahasiswa baru agar bisa mendapatkan nilai nilai yang bagus dan juga berprestasi tentunya. Ketika masa SMA mungkin kamu adalah siswa yang pemalas, maka di bangku perkuliahan kamu sebaiknya mampu merubah perilaku tersebut.  Dengan belajar giat untuk mendapatkan nilai yang bagus cepat lulus dan mendapat pekerjaan yang bagus pula. 

Di tahun 2020 ini pendaftaran mahasiswa baru telah dibuka. menariknya di tahun ini kamu tidak perlu repot mendaftar kuliah dengan datang jauh-jauh ke kampus yang kamu incar. kini ada cara praktis yaitu dengan mendaftar kuliah menggunakan layanan goKampus

Dengan layanan ini kamu bisa mendaftar kuliah secara cepat praktis dan pastinya menghemat waktu. Untuk kamu yang sedang terbentur dana pendidikan tapi tetap ingin kuliah, goKampus juga bisa membantu mewujudkan mimpi kamu. 


EmoticonEmoticon