Minggu, 16 Agustus 2020

Poin Penting Sebelum Buka Usaha Depot Air Minum



Membuka usaha adalah jalan emas yang bisa mengawali langkah sukses Anda. Usaha ini bisa berupa jasa maupun penjualan produk. Jika memang Anda tidak memiliki skill untuk dijual, maka Anda bisa memilih untuk membuka usaha penjualan produk. Salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba adalah toko depot air minum isi ulang. Mula-mula Anda bisa menjadi agennya terlebih dahulu.
Kemudian Anda bisa merambah menjadi distributor toko depot air minum.
 
Ada banyak peluang kesuksesan usaha air isi ulang. Hal ini mengingat semakin banyaknya minat masyarakat dalam mengkonsumsi air galon, dibandingkan air rebusan. Selain lebih segar, air galon juga sudah disterilisasikan sehingga bisa lebih terjamin. Tidak heran jika seiring banyaknya peminat air galon, semakin banyak pula para pengusaha toko depot air isi ulang. Namun untuk memulai usaha depot air minum ini ternyata tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan Anda.
 
Beberapa pertimbangan ini tentu akan mempengaruhi bagaimana toko depot Anda bisa lebih berkembang dan membawa keuntungan besar untuk Anda. Bagi Anda yang masih awam dalam dunia usaha depot air minum, Anda bisa catat berikut poin-poin penting sebelum akhirnya memutuskan membuka usaha toko depot ini. Diantaranya adalah :

1.    Memperhitungkan keuntungan

Poin pertama ini berkaitan erat dengan biaya modal yang Anda keluarkan serta harga yang jual air depot. Seperti pada umumnya, untuk membuka usaha depot air minum Anda perlu modal mesin depot air, produk air minum, SDM/ jasa pemasangan mesin paket depot air minum, dan komponen penting lainnya. 
 
Biaya dari semua kebutuhan tersebut tentu bervariasi. Anda bisa menyeimbangkan antara biaya pengeluaran dan kualitasnya. Setelah itu, perhitungkan harga pasaran yang akan Anda patok untuk toko depot air Anda. Pastikan harga yang Anda bandrol tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah. Harga yang terlalu murah juga akan berdampak pada penilaian orang terkait kualitas rendahan sebuah depot.

2.    Memilih mesin terbaik

Tidak hanya kualitas air yang akan disediakan, Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana pemilihan mesin paket depot air yang akan Anda beli. Pasalnya, harga mesin depot air ini tidak bisa dibilang murah. Semakin mahal mesinnya, maka semakin bagus kualitasnya.

Unggulnya lagi, meskipun sudah dalam keadaan bekas mesin tersebut ternyata masih bisa dijual ulang. Karenanya, jika Anda berniat membuka usaha depot air sebaiknya pilihlah mesin paket yang benar-benar memiliki kualitas terbaik. Sehingga saat Anda nanti terpaksa gulung tikar, Anda bisa menjual kembali mesin depot tanpa rugi.

3.    Dokumen kelengkapan usaha depot air

Perlu Anda tahu, setiap toko depot air minum harus melakukan pengujian kelayakan air yang dijualnya. Hal ini biasanya dilakukan tiap sekali dalam 6 bulan. Dengan memberikan bukti kelayakan ini, Anda bisa mencoba menarik perhatian pelanggan dengan memasukkan pernyataan kelayakan pada media promosi Anda.

4.    Tentukan strategi pemasaran

Stategi pemasaran ini sangat penting untuk perkembangan usaha Anda. Dimulai dari bagaimana Anda mencari lokasi strategis, mengatur promosi usaha, hingga menawarkan layanan unggulan lain dalam usaha Anda tersebut. Dalam hal ini, Anda harus pastikan bahwa toko depot Anda jauh lebih menarik dibandingkan depot lainnya, sehingga Anda tidak kalah saing. 
 
4 poin penting di atas mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang memang sedang tertarik untuk membuka usaha toko depot air minum. Semakin baik persiapan yang Anda lakukan, maka akan semakin besar pula peluang kesuksesan yang akan Anda dapatkan.


EmoticonEmoticon